Berita MGMP

Sabtu, 21 Oktober 2017

Belajar Ekonomi dengan TTS

Seperti bisa, apakah itu pada semester genap atau ganjil pasti ada supervisi. Baik yang dilakukan oleh kepala sekolah, pengawas atau mungkin juga koordinator PKG. Untuk 2 tahun terakhir ini jadwal supervisi memang ditambah dengan jadwal koordinator PKG (penilian kinerja guru) seperti yang diharapkan oleh deparatemen pendidikan.

Sebenarnya ini hal yang biasa dilakukan oleh seorang guru, mungkin ada yang berfikir terlalu muluk untuk menuliskannya di blog. Tapi ya biarlah, mudah-mudahan dengan pengalaman ini, masih ada guru yang terbantu untuk memudahkan mengajar di dalam kelas. Seperti hadis nabi, sampaikanlah walau satu ayat mungkin bermanfaat untuk sesama guru.

Jadwal supervisi sudah ditetapkan oleh sekolah, untuk mata pelajaran ekonomi saya akan disurvisi oleh sahabat saya, Bapak Irwan Rajab, SPd, M.M. Saya dengan beberapa orang teman antara lain : Ibu Sukma Sutryati, SE, (Ekonomi), Ibu Pebrihesti,  SPd (Ekonomi), Ibu Priyanti, SPd (B. Inggris), Ibu Suprhatin, SPd serta Pak Samsul Hadi, SPd. Jadwal Supervisi saya pada hari Selasa di kelas X.1 jam 5-6.

Lonceng berbunyi tanda masuk jam pelajaran setelah istirahat (jam 10.35). Inilah jadwal saya akan disepervisi. Persiapan pertama saya mengabsen siswa. Peserta didik pada kelas X.1 sebanyak 38 siswa, pada hari yang bersangkutan hadir sebanyak 35 siswa, 2 dengan kabar sakit, 1 tidak ada berita berarti alpa. 

Setelah mengabsen saya sedikit memberikan ilustrasi kepada siswa makan apa di kantin tadi. ada yang menjawab makan bakso dengan puding maksudnya minum air putih dingin) ada yang makan nasi lemak dengan es teh dan banyak lagi jawaban yang diberikan siswa kemudian saya menyebutkan 1 nama (indra) jenis permintaan yang mana dengan berbelanja di kantin tadi sewaktu istirahat tadi. Secara spontan beberapa orang siswa mengangkat tangan ingin menjawabnya. Jawabanya permintaan efektif bu, bagus jawab saya sambil meminta siswa yang lainya memberikan applus kepada indra (karena jawabannya benar) terima kasih anak-anak karena masih mengingat materi kita minggu. ( pendahuluan 10 menit pertama)

Hari ini kita akan melanjutkan pembahasan mengenai faktor yang mempengaruh permintaan, hukum permintaan, kurva permintaan, kata saya. Sebelum memulai menjelaskan siswa dijadikan menjadi beberapa kelompok kecil yang terdiri dari 4 sampai 5 orang satu kelompoknya. Siswa diminta memperhatikan powerpoint yang berisi materi yang ingin dicapai pada pertemuan hari ini. Setelah selesai menjelaskan setiap kelompok diberikan waktu untuk memahami materi. Mungkin ini yang baru dari metode pembelajaran hari ini. 

Saya membuat lembar kerja siswa, dimana setiap kelompok harus menjawab soalan materi yang saya buat dalam bentuk TTS yang saya beri nama Teka Teki Siswa. Selama 10 menit mereka berusaha mengotak-atik TTS yang saya berikan setelah selesai setiap kelompok mengumpulkan hasil kerjanya. 10 menit berikutnya kami menjawab bersama-sama TTS nya setiap kelompok maju menjawab pertanyaan-pertanyaan dari TTS tersebut. Setelah selasai saya bertanya kembali kepada siswa tentang materi yang baru saja mereka jawab dalam bentuk TTS (10 menit terakhir) sambil mengingatkan jangan lupa materi untuk minggu depan adalah tentang penawaran.

Buat sahabat guru mata pelajaran ekonomi, ini merupakan metode baru saya untuk memotivasi siswa untuk memahami materi yang pastinya jauh dari sempurna, karena itulah saya menulis ini di blog saya. Semoga ada komentar-komentar yang membangun serta berbagai cara untuk mendidik siswa siswa kita. Komentar yang saya harapkan tidak hanya dari siswa tapi juga dari rekan-rekan guru. Selamat membaca.***

Tidak ada komentar:
Write komentar

Berikan Komentar Anda