Berita MGMP

Sabtu, 25 November 2017

Puisi: Aku adalah Pohon: Mengenang Hari Guru

Puisi Siti Nurbaya

Aku adalah pohon
berbuah lebat
buah itu kuharap dapat
menghilangkan dahaga siswa
anak didikku
Jika buah itu pahit

akan buat sengsara
dan tak ada guna bagi mereka

Jika buah itu manis
ia dapat penghilang dahaga
akan buat bahagia mereka

Aku adalah pohon
Pohon berdaun lebat
daun lebat tapi tak berbuah
tak bermakna bagi mereka
Aku adalah pohon
Pohon berbuah tak manis
buah pahit membuat mereka membuang masa sia-sia

Aku adalah pohon
yang harusnya batang, dahan, daun dan buahnya
berguna untuk mereka, anak didik kita
mereka adalah siswa yang tak dahaga
dengan sosok penampilan gurunya
yang manisnya pura-pura
yang rajinnya pura-pura
tapi siswa butuh ilmu pengetahuan gurunya

Aku adalah pohon
yang tegar batangnya
yang rindang daunnya
yang manis buahnya
yang berguna untuk mereka, anak didik kita

Kitalah yang mengolah meramu tugas mulia
mendidik mengajar dan memberi contoh tauladan kepada mereka
Kita bukan arca pajangan buat mereka
bukan pemberi janji-janji palsu semata
tapi kita adalah pemberi inspirasi
untuk kemajuan mereka
(selamat hari guru, untuk kita semua)

Tidak ada komentar:
Write komentar

Berikan Komentar Anda